0
Bagi anda yang hobi merekam bunyi di komputer mungkin sudah sangat familiar dengan software software audio recorder menyerupai Audacity, Moo0 Voice Recorder, Total Recorder dan semacamnya. Software software tersebut memang memiliki fungsi untuk merekam bunyi di komputer, jadi kita harus menginstallnya terlebih dahulu sebelum mampu digunakan. Bila Anda memakai komputer yang bersistem operasi Windows, bergotong-royong sudah disertakan sebuah Windows Recorder yang memiliki fungsi yang sama dengan software software audio recorder diatas.

Ada 2 macam jenis perekaman yang biasa dilakukan untuk merekam bunyi / audio dikomputer. Jenis pertama perekaman yaitu merekam pada bab microphone komputer. Jenis kedua ialah merekam eksklusif dari soundcard komputer, sehingga bunyi yang muncul dari microphone tidak akan ikut terekam. Merekam eksklusif dari soundcard biasanya digunakan untuk merekam audio yang muncul pada dikala kita menjelajah situs web, menyerupai video streaming, audio streaming, maupun radio streaming. File audio hasil perekaman nanti akan berbentuk WMA, kalau ingin merubahnya menjadi MP3, anda mampu convert ke mp3 dengan Format Factory.


Dan berikut ini yaitu cara merekam bunyi di komputer pada audio yang muncul dari mic maupun audio yang diproses oleh soundcard komputer :

A. MEREKAM SUARA DARI MICROPHONE KOMPUTER

1. Untuk merekam audio, dari mikrofon kita akan menggunakan Windows sound recorder. Klik start dan ketikkan Recorder / Sound Recorder.


2. Tampilan recorder akan nampak menyerupai ini :

3. Untuk merekam cukup klik Start Recording, Stop Recording untuk berhenti.

4. Klik SAVE untuk menyimpan.




B. MEREKAM SUARA DARI SOUNDCARD KOMPUTER

Apabila ingin merekam bunyi / audio dari komputer tanpa melaluli mikrofon PC / Laptop, kita juga mampu merekam eksklusif pada bunyi yang diproses oleh soundcard, sehingga bunyi mikrofon PC tidak ikut terekan. Alat yang digunakan tetap menggunakan Sound Recorder. Tetapi harus dilakukan sedikit mengubah pengaturan Audio.

1. Klik kanan pada icon 'Speaker' kemudian pilih "Recording Devices"


2. Pilih menu Recording


3. Klik kanan pada layar kosong dibawah Microphone, kemudian pilih "Show Disabled Devices"


4. Setelah Device "Stereo Mix" muncul. Klik kanan pada "Stereo Mix" lalu pilih Enable". Ini untuk mengaktifkan soundcard.
Apabila Stereo Mix tidak ada, lihat : Cara memunculkan Stereo Mix


5. Selanjutnya arahkan mouse / kursor pada "Microphone", lalu klik kanan dan pilih "Disable". Ini untuk mematikan fungsi Microphone dalam perekaman audio saja. (Anda mampu mengaktifkan lagi sewaktu sewaktu). Terus klik Apply & OK.


6. Selanjutnya kita akan merubah pengaturan kualitas audio. Klik kanan Pada "Stereo Mix", pilih Properties.


7. Kemudian klik "Advanced", lalu pilih kualitas bunyi yang paling indah contohnya DVD Quality. Apply dan OK.


Pilihan kualitas bunyi mungkin berbeda pada masing masing versi Windows. Seperti Windows 7 Home Premium terdapat pilihan "Studio Quality". Anda mampu menyesuaikan sendiri dengan Windows yang anda pakai. Jika setting audio sudah tamat dilakukan. Anda mampu memulai merekam pada soundcard menyerupai pada cara A diatas.

Untuk merekam bunyi di komputer / laptop gunakanlah pilihan kualitas audio yang indah menyerupai DVD Quality, atau Studio Quality. Walaupun nantinya file berukuran relatif lebih besar, tetapi kualitas rekaman bunyi akan jauh lebih indah dan jernih.

Post a Comment

 
Top