0
Apa itu wechat ? Para pengguna gadget dan smartphone pastilah sudah tidak abnormal lagi dengan aplikasi chatting wechat. Aplikasi wechat ini merupakan aplikasi obrolan yang mampu digunakan oleh bermacam macam sistem operasi, mulai dari Android, iOS, Windows Phone, Blackberry, maupun Symbian (Nokia S40) atau dalam istilah teknologi biasa disebut dengan aplikasi lintas platform (cross platform). Ini cukup memudahkan bagi para pengguna smartphone yang berbeda sistem operasi namun ingin menggunakan satu jenis aplikasi chatting sama.

Aplikasi chatting Wechat pada awalnya dikembangkan oleh salah satu perusahaan dari Cina yang berjulukan Tencent. Aplikasi ini mendukung penuh jaringan edge, 3G, 4G, dan Wi fi. Selain itu sekarang WeChat sudah memiliki sumbangan bahasa Indonesia, Inggris, Thailand, Vietnam, India, China, Portugal, Spanyol, Melayu, Jepang, Korea, Rusia, Turki dan Polish. Fitur yang dimiliki oleh Wechat juga tidak kalah unik dengan aplikasi sejenis ibarat Line, Whatsapp, Kakao Talk, Chat ON, dll. Berikut ini ialah beberapa fitur Wechat ;

FITUR & KEUNGGULAN WECHAT


Dari data terakhir yang diperoleh, aplikasi Wechat telah mempunyai lebih dari 200 juta pengguna. Itu hanya dari OS Android dan iOS saja, belum termasuk dari pengguna WeChat pada smartphone Blackberry. Beberapa keunggulan dan fitur Aplikasi Wechat diantaranya :
  • Fitur Chatting : Fitur chatting / obrolan dalam aplikasi Wechat mempunyai tampilan yang cukup simpel dan dinamis. Background obrolan mampu dirubah sesuai impian pengguna.
  • Fitur Voice Call : Pengguna Wechat dapat saling berkirim pesan bunyi dengan mudah dan cepat. Caranya dengan merekam bunyi pada menu "Hold to Talk", kemudian mengirim pesan bunyi tersebut kepada pengguna lain.
  • Fitur Video Call : Fitur ini memungkinkan bagi sesama pengguna Wechat untuk mengobrol secara tatap muka melalui banyak sekali alat komunikasi.
  • Fitur Moments : Fitur momen dalam wechat merupakan disediakannya "Timeline" yang mampu diisi dengan teks / kata-kata maupun foto. Pengguna lain dapat mengirimkan komentar, ibarat pada facebook.
  • Fitur Emoticons : Emotion yang terdapat dalam wechat sangat lengkap mulai dari emotikon biasa, emoji, emoji default hingga gambar yang mampu bergerak.
  • Fitur Group Chat : Fitur ini kurang lebih sama dengan aplikasi sejenis. Pengguna mampu membuat grup dan menambahkan pengguna lain kedalam grup. Ini memudahkan untuk saling bertukar gosip bagi sesama grup.
  • Fitur Lain : Web Chat, Drift Bootle, Shake, QR Code, Chat History Backup, Look Arround & Facebook Coonect.

CARA DAFTAR WECHAT


Berikut ini ialah cara daftar Wechat pada banyak sekali jenis OS Smartphone ibarat Android, iOS / Iphone, Blackberry, HP Symbian, dll. Berikut langkah langkahnya :

Cara Daftar Wechat di Android

1. Pertama, silahkan unduh aplikasi Wechat di Google Play
2. Apabila sudah berhasil di Install, maka silahkan buka Aplikasi Wechat tersebut.
3. Lalu tekan SIGN UP.
4. Masukkan nomor ponsel arif Android Anda kemudian tekan NEXT.
5. Kemudian akan muncul pesan "Phone Number Confirmation", pilih OK
6. Beberapa ketika kemudian Anda akan mendapatkan SMS berupa isyarat verifikasi angka dari pihak Wechat (Jika server sedang sibuk, mungkin waktu penerimaan SMS sedikit lebih lama).
7. Masukkan isyarat verifikasi tersebut kedalam kolom VERIFICATION CODE, kemudian klik NEXT.
8. Langkah selanjutnya ialah mengupload foto, mengisi nama, dan membuat ID Wechat, silahkan upload foto Anda dan isi nama serta ID Wechat, ID Wechat ini nantinya berfungsi untuk login, jadi ingat baik-baik.
9. Kemudian tekan Sign Up pada pojok kanan atas.
10. Akan muncul menu FIND FRIENDS, tekan menu tersebut dan secara otomatis Wechat akan mendeteksi kontak phonebook Anda, nomor mana yang juga menggunakan Aplikasi Wechat.
11. Kemudian muncul daftar kontak yang juga menggunakan Wechat. Anda dapat menambahkan mereka ke kontak Wechat Anda, dengan menekan menu ADD.
12. Apabila sudah selesai klik NEXT, dan Aplikasi Wechat siap untuk digunakan.


Cara Daftar Wechat di Blackberry

1. Silahkan unduh dahulu Aplikasi Wechat di AppWorld.
2. Install, dan buka Aplikasi tersebut.
3. Tekan SIGN UP, dan masukkan nomor ponsel Anda.
4. Tunggu beberapa saat, kemudian Anda akan mendapat isyarat Verifikasi yang dikirimkan melalui SMS.
5. Masukkan isyarat tersebut dalam kotak verifikasi. Kemudian tekan NEXT.
6. Isikan nama Anda, foto, dan ID Wechat.
7. Setelah semua langkah sudah selesai, maka Aplikasi Wechat siap untuk digunakan.

Cara Daftar Wechat menggunakan Facebook Connect / Akun Facebook



Sebenarnya ada dua metode dalam mendaftar Wechat, pertama kita mampu menggunakan nomor ponsel, kedua, kita juga mampu menggunakan fitur Facebook Connect / Melalui akun facebook. Caranya sebagai berikut :

  1. Jika belum mempunyai Aplikasi Wechat silahkan unduh pada situs resmi WeChat di www.wechat.com/id/download.html
  2. Setelah sukses terinstall, silahkan buka dan pilih Menu FACEBOOK CONNECT.
  3. Anda cukup memasukkan Username / Email Facebook & Password. Dengan begitu otomatis Anda sudah mampu mengubungkan Wechat dengan Facebook, dan aplikasi Wechat siap digunakan.

Demikianlah gosip seputar apa itu Wechat dan tips bagaimana cara daftar Wechat. Aplikasi wechat cukup memudahkan bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi obrolan dengan jangkauan luas (diseluruh penjuru dunia) berbasis Internet dalam genggaman. Semoga artikel yang disajikan oleh Berbagi Info 4U ini bermanfaat.

Post a Comment

 
Top