0
Tampilan blogger baru yang diupdate oleh pihak blogger pada bulan April 2013 memang sedikit agak menyulitkan bagi para blogger pemula yang masih gres memulai mencar ilmu ngeblog atau tahap mencar ilmu edit html. Permasalahan utama yang sering dialami yaitu tidak adanya tombol checklist pada Expand Template Widget. Sementara pada blog lain yang membahas tutorial blogger terdahulu kebanyakan menggunakan Expand Widget untuk menyisipkan suatu instruksi kode, baik instruksi widget, iklan, instruksi untuk edit template, dll.

Menu edit HTML pada tampilan template blogger baru bekerjsama lebih tertata rapi dari pada tampilan yang lama kalau kita lihat dengan seksama, alasannya yaitu tampilannya teratur dan kita dapat meloncat ke widget tertentu pada menu yang telah disediakan ( Lompat ke Widget ). Untuk instruksi kode yang tersembunyi pada Expand Widget dahulunya, kini telah di tampilkan pada tombol "►" yang telah dipadatkan ke instruksi html utama ibarat pada gambar dibawah ini.


Pada tampilan blogger baru, banyak yang mencari instruksi kode ibarat ]]></b:skin>, <data:post.body/>, dll yang biasa digunakan untuk memasang bermacam macam widget, ibarat facebook like, permalink, ataupun ads. Berikut beberapa letak instruksi kode penting pada template ( edit HTML ).

LETAK KODE ]]></b:skin> PADA BLOGGER TERBARU

Kode ]]></b:skin> pada tampilan template blogger terbaru terletak diantara instruksi <b:skin>...</b:skin> pada nomor 27 (kadang-kadang berbeda antara satu template dengan template yang lain letak instruksi skin nya, tapi mungkin instruksi ini berada pada baris 20an).


Coba kita klik pada tombol "►", maka akan muncul instruksi kode diantara <b:skin> dan </b:skin>. Silahkan scrool kebawah maka kita akan menemukan instruksi ]]></b:skin> (seperti pada gambar dibawah ini).


Seperti pada gambar diatas, instruksi ]]></b:skin> terletak pada nomor 200.

LETAK KODE <data:post.body/> PADA BLOGGER TERBARU

Contoh selanjutnya kita akan mencari instruksi <data:post.body/>. Sama halnya dengan instruksi diatas, instruksi ini juga tersembunyi diantara instruksi <b:widget id='blog' locked='true' title='Posting Blog' type='Blog'>...</b:widget> (berada pada baris antara nomor 900 - 1000)



Coba kita klik tombol "►" maka, akan muncul lagi instruksi kode dengan tombol "►" lain. Nah, <data:post.body/> berada diantara instruksi ► <b:includable id='post' var='post'> ibarat pada gambar dibawah ini. Silahkan klik dan scrool kebawah, maka akan terlihat kodenya.



Kode sudah terlihat ibarat gambar dibawah ini :


Demikianlah isu singkat perihal Edit HTML Pada Tampilan Blogger Baru 2013. Kode instruksi lain mampu kita cari sendiri, alasannya yaitu instruksi kode pada tampilan blogger lama itu sama dengan yang baru, hanya saja tampilannya yang berbeda. Semoga membantu.

[UPDATE]

CARA MUDAH MENCARI KODE HTML TERTENTU PADA TEMPLATE BLOG


Ada aneka macam template blog yang mampu diambil secara gratis di internet, tetapi kadang kadang kita menemukan template yang cantik namun layoutnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan, misalnya tidak ada readmore, menu yang sedikit, sidebar yang terlalu besar, lebar template yang terlalu minim, ataupun warna templatenya tidak sesuai / kurang serasi. Untuk mengatasi hal ini tentunya kita harus mengedit sendiri template blog melalui menu HTML template blogger.

Seperti teladan ingin memasang readmore, instruksi iklan, permalink dalam posting blog maka kita mencari instruksi <data:post.body/>, ingin melebarkan template blog maka harus merubah instruksi pada #header-wrapper {, dan lain lain. Dan untuk mencari instruksi kode tersebut, cukup menekan tombol CONTROL + F bersamaan pada keyboard. Agar lebih terang berikut screenshotnya :



Sebagai teladan untuk menemukan instruksi data:post.body maka tuliskan / copy instruksi tersebut kedalam Search Box, lalu tekan ENTER, maka instruksi mampu pribadi ditemukan.

Post a Comment

 
Top