0
7 Situs Populer Indonesia - Teknologi Internet ketika ini telah berkembang pesat di semua pecahan dunia, termasuk negeri kita di Indonesia, hal ini ditandai  dengan bertambah banyaknya orang yang mengakses Internet dari waktu ke waktu dan banyaknya situs / website yang bermunculan di Internet. Di Indonesia sendiri banyak sekali situs-situs gres yang bermunculan dengan banyak sekali kategori dan tujuan. Situs - situs Indonesia ini pada umumnya menyediakan banyak sekali Informasi yang diharapkan di masyarakat sampaumur ini yang meliputi informasi berita terkini, solusi jual beli, perbankan, atau komunitas sosial.

Namun tahukah anda situs-situs populer yang sering dikunjungi di Indonesia dan asli dibuat oleh orang Indonesia ? Berikut 7 situs populer Indonesia yang paling sering dikunjungi yang dikutip dari Alexa Traffic Rank.

1. DETIK.COM

Pada urutan pertama ditempati oleh situs detik.com. Situs yang didirikan Budiono Darsono, Yayan Sopyan, Abdul Rahman dan Didi Nugrahadi ini bersama-sama sudah mampu diakses semenjak 30 Mei 1998, namun pada 9 Juli 1998 situs ini mulai tampil dengan sajian lengkap. Dan pada tanggal 9 Juli tersebut telah menjadi hari kelahiran detik.com. Para pendiri detik.com memang mempunyai latar belakang wartawan, jadi situs ini menyajikan informasi seputar informasi terkini yang informatif.

Situs ini pada awalnya hanya menfokuskan pada tema Politik, Ekonomi, dan Tehnologi, namun ketika situasi Politik mulai mereda detik.com mulai merambah ke tema Berita Hiburan dan Olahraga.

Web ini sekarang menjadi situs terpopuler dalam menyajikan informasi / breaking news teraktual di Nusantara.

2. KASKUS.CO.ID / KASKUS.COM

Situs ini merupakan situs forum komunitas terbesar di Indonesia. Kaskus yang merupakan abreviasi dari kasak kusuk ini didirikan oleh 3 Mahasiswa asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di AS. Mereka yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus dan Budi Dharmawan. Kaskus mulai bangun pada November 1999 dengan awalnya sebagai situs forum informal bagi Mahasiswa Indonesia diluar negeri. Kemudian bermetamorfosis situs forum komunitas yang memiliki banyak anggota terdaftar mulai anak anak remaja hingga orang dewasa. PC Magazine 2005 - 2006 sempat menganugerahkan situs ini sebagai situs terbaik di Indonesia.

Kaskus ini juga sempat mengalami serangan Virus Brontok pada bulan Mei 2006 sehingga memaksa menejemen kaskus untuk mengubah domain .com menjadi .us. Virus ini memang menargetkan serangan kepada situs-situs besar di Indonesia, dan kaskus menjadi salah satu target mereka. Selain itu, pada bulan Mei 2008 kaskus kembali diserang dengan tehnik dDos yang diduga dari oknum komunitas YogyaFree. Serangan ini bermula ketika situs YogyaFree dirusak oleh hacker yang mengklaim dirinya sebagai anggota kaskus yang melontarkan celaan kepada YogyaFree, hal ini menimbulkan beberapa anggota YogyaFree berang dan balik menyerang dengan dDos. Dari pertikaian ini menimbulkan database kaskus corrupt dan terpaksa menejemen kaskus mematikan servernya.

Perang cyber antara dua komunitas ini jadinya selesai ketika kedua pengelola menyetujui memorandum online untuk menyudahi pertikaian ini, memorandum ini terpampang berminggu minggu dikedua situs tersebut. Kaskus kembali normal pada bulan Juli 2008 hingga sekarang.

3. KOMPAS.COM

Situs Indonesia populer selanjutnya yaitu kompas.com. Kompas merupakan situs yang berisi informasi teraktual. Sebelum terbit kompas.com, pada awalnya kompas lebih dahulu menerbitkan surat kabar / koran yang berjulukan Harian Kompas. Surat kabar ini diterbitkan oleh PT. Kompas Media Nusantara. Saat Internet mulai mendominasi sentra Informasi di Indonesia maka Kompas menerbitkan kompas.com. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pembaca kompas yang ingin pribadi mengakses informasi dari Internet. Selain itu, tujuanya biar situs ini mampu diakses diseluruh penjuru Indonesia.

Situs informasi ini kini juga hadir dengan banyak sekali jenis aplikasi yang mampu diterapkan kedalam gadget ataupun perangkat komputer / PC, ibarat Kompas ePaper, Kompas Cetak, Kompas Editor's Choice untuk IPad, Kompas Editor's Choice untuk Blackberry, Kompas Reader dan Kode QR.

4. TOKOBAGUS.COM

Toko rupawan merupakan salah satu situs yang ramai pengunjung dalam pengiklanan dan jual beli. Sebenarnya situs toko rupawan ini tidak dibuat oleh orang Indonesia, tetapi didirikan oleh dua orang perjaka asal Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker pada bulan Juni 2005. Walaupun situs ini didirikan oleh orang Belanda, situs ini merupakan "market padat" di Indonesia. Ide awal berdirinya toko rupawan kala itu ketika Arnold sedang berlibur di Bali dan melihat perkembangan pesat situs e-commerce, ibarat Amazon.com di AS.

Saat ini TokoBagus berkantor sentra di Jakarta setelah hampir lima tahun berkantor di Bali. Pada bulan Oktober 2011 toko rupawan berbagi situsnya dengan menambahkan desain minor dan fitur-fitur gres di webnya.

5. KLIKBCA.COM

Situs Indonesia terpopuler ke-5 yaitu klikbca.com. Situs ini merupakan layanan internet perbankan dari Bank Central Asia yang meliputi informasi terkini dari BCA, info kurs, jalan masuk rekening nasabah, informasi perusahaan, pembelian dan pembayaran, serta transaksi perbankan lainya.

Penggunaan domain .com pada situs ini dinilai akan cepat diakses bagi nasabah diluar negeri baik untuk melaksanakan transaksi atau melihat info wacana BCA, walaupun alamat web bca.co.id tetap ada hingga ketika ini.

6. VIVA.CO.ID

Selanjutnya yaitu viva.co.id. Sebelumnya situs ini berjulukan vivanews. Viva merupakan situs informasi daring yang didirikan pada tahun 2008 oleh PT. Visi Asia Media Tbk. PT ini juga mengelola bisnis penyiaran TV Lokal ibarat Antv, TvOne, dan Sport One.

Selain menyediakan informasi dari hasil laporan wartawan viva, situs ini juga menampung informasi yang dilaporkan oleh pembaca vivanews yang berminat melaporkan informasi yang dianggap penting melalui fitur U-Report. Situs ini juga dibuat biar mampu diakses oleh ponsel, Komputer atau PDA.

Viva.co.id merupakan portal dari vivanews, vivabola, vivalife, vivalog, vivaforum, dan vivasocio.

7. BERNIAGA.COM

Berniaga.com merupakan salah satu situs toko Online yang berkembang pesat. Didukung oleh Iklan TV yang gencar, berniaga.com menjadi salah satu situs jual beli paling diminati yang sering dikunjungi oleh Masyarakat di Indonesia.

Situs ini menyampaikan jasa bagi orang orang yang menjual atau membeli barang via online. Untuk mampu mulai menyampaikan / membeli barang, kita diharuskan memiliki username dan password pada situs ini.

Itulah 7 Situs Populer Indonesia yang sering dikunjungi di Indonesia. Beberapa situs populer lain yang tidak dibahas pada artikel ini diantaranya yaitu bankmandiri.co.id, indowebster.com, ads-id.com, kompasania.com, okezone.com dan kapanlagi.com.


Post a Comment

 
Top