0
Apa itu emulator ? Emulator atau lebih tepatnya perangkat lunak emulator / software emulator ialah suatu kegiatan komputer yang memungkinkan untuk menjalankkan suatu kegiatan ( mampu kegiatan yang diemulsikan dari komputer ke komputer misalnya suatu kegiatan Windows yang dapat dijalankan di sistem operasi Linux dengan menggunakan software emulator Wine) sesuai dengan kegiatan aslinya di komputer. Contohnya emulator game, Konsol game menyerupai Nintendo, Xbox, dan Playstation dapat dijalankan di komputer dengan cara memasang emulatornya sendiri sendiri ( emulator Nintendo hanya khusus untuk game Nintendo ).

Sebenarnya tujuan diciptakanya software emulator ialah untuk menjalankan piranti lunak yang hanya disediakan untuk platform tertentu. Dan tujuan diciptakanya emulator game ialah untuk para gamer yang ingin bernostalgia dengan game game atau konsol yang ketika ini sudah tidak diproduksi lagi.

Emulator game  komputer memungkinkan untuk bekerja sesuai dengan hardware sistem yang diemulsikan. Tetapi emulator tidaklah berkhasiat bila tanpa didukung oleh Gamenya. Game game ini disebut ROM atau Disk Image yang merupakan hasil copy dari game game dalam format Cartridge atau Disket sistem yang bersangkutan.

Dengan menggunakan Emulator kita dapat memainkan game game klasik kesukaan kita dulu menyerupai Mario Bross, Contra, dan Sonic the Hedgehog di komputer kita. Sebenarnya konsep Emulator ialah suatu proses untuk menjiplak desain Internal dari suatu sistem. Sekarang ini sudah banyak Emulator emulator yang tersebar di internet mulai dari emulator Game, hingga emulator  Aplikasi Java.

Jika anda pernah bertanya apa itu emulator ? Mungkin Artikel diatas cukup mampu sedikit menjawab.

Post a Comment

 
Top