0
Apa itu file srt (.srt) ? File srt ialah sebuah file teks yang biasa digunakan untuk menampilkan terjemahan suatu video umumnya film. Kebanyakan file srt muncul pada film film absurd yang diputar menggunakan PC (umumnya film dari hasil download). Dengan menggunakan file ini kita mampu menonton film lengkap dengan terjemahan film tersebut. Adapun beberapa format file video yang support dengan file terjemahan .srt meliput file video mkv, mp4, avi, dll.

Lalu bagaimana cara membuat file .srt ini ? Sebenarnya cara termudah untuk membuat file srt ialah dengan menggunakan Notepad (untuk Windows), tapi dari pada kita repot repot menulis terjemahan film sendiri kita mampu unduh subtitle film berbahasa absurd kemudian mengubahnya menjadi bahasa lokal (misalnya bahasa indonesia). Anda mampu menggunakan Google Transale atau Bing Translator. Sedangkan untuk mengunduh banyak sekali file srt film film terkemuka mampu melalui :
  • www.moviesubtitles.org 
  • www.opensubtitles.org 
  • srtsubtitle.com 
  • http://subscene.com/ 
  • www.tvsubtitles.net , dll

MENGENAL FILE SRT


Berikut ini ialah pola file SRT dari sebuah film, file srt tersebut berisi beberapa goresan pena dan angka yang menjadi bab dari terjemahan film.


Keterangan :
1 : Urutan teks yang akan muncul ketika film diputar.
00:00:47,062 --> 00:00:48,757 : Durasi munculnya teks terjemahan
<i>Ini biro Leland Turbo</i> : Teks terjemahan yang muncul ketika film diputar

Hasilnya ialah sebagai berikut ketika film diputar :


CARA MENJADIKAN FILE TXT NOTEPAD MENJADI SRT


Pada dasarnya anda mampu membuat file srt sendiri untuk digunakan sebagai terjemahan film, cara dengan menggunakan notepad, tapi yang harus diperhatikan ialah durasi munculnya teks terjemahan film sehingga anda harus sangat teliti.

Jika ingin menuliskan sebuah teks terjemahan gunakanlah notepad lalu simpanlah dengan menambahkan ekstensi .srt semoga file txt tersebut menjadi file .srt.



Caranya :
- File > Save as
- Pada file name tuliskan judul film lalu tambahkan ekstensi .srt
- Pada save as type pilih All Files
- Save.

File srt sudah berhasil dibuat, lalu bagaimana cara semoga file srt tersebut mampu muncul ketika film diputar ? Lihat artikel selanjutnya yang membahas seputar subtitle film di : cara memasang subtitle film.

Post a Comment

 
Top