0
Membuat facebook like di blog (blogspot), pada umumnya ada beberapa jenis dan cara penempatan. Jenis-jenis ini antara lain facebook like box dan facebook like button. Untuk penempatannya mampu dilakukan di dalam posting / artikel ataupun di diluar artikel, pada menu gadget misalnya.

Facebook like box biasanya ditempatkan diluar posting, mampu diatas, dibawah, samping kanan atau samping kiri, tergantung ke inginan. Namun untuk facebook like button disarankan penempatannya dilakukan didalam posting blog/ artikel. Keuntungan memasang facebook like ini pada blog / web salah satunya, jikalau nantinya ada pengunjung blog yang membaca artikel kita dan mereka suka atau menganggap goresan pena kita bermanfaat, maka mereka mampu merekomendasikan artikel kita ke facebook melalui like button. Apalagi ketika ini facebook merupakan situs yang paling sering dikunjungi di Internet, bukan tidak mungkin pula nantinya pengunjung situs kita datang dari facebook.

Berikut ada 3 tips penempatan facebook like di dalam maupun diluar posting :

Membuat facebook like di luar posting blog

Untuk menerapkan cara ini, terlebih dahulu kita harus membuat facebook like box, silahkan baca artikel cara pasang like box facebook di blog untuk membuatnya. Apabila anda masih belum punya fanspage untuk blog Anda, silahkan juga baca cara membuat fanspage facebook. Setelah like box selesai di buat maka cukup copy paste isyarat HTML yang didapatkan pada ketika membuat like box kedalam GADGET blog.

Membuat facebook like di bawah judul posting

Untuk membuat facebook like dibawah judul blog, kita tidak akan menggunakan like box lagi, melainkan menggunakan LIKE BUTTON yang telah disediakan oleh Facebook Developers. Langkah langkahnya sebagai berikut :

1. Buka tab baru, copy dan kunjungi url berikut https://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/like/

2. Masukkan URL Halaman Facebook anda ke dalam kolom URL TO LIKE. Silahkan ubah sesuaikan penampilan sesuai kreasi Anda sendiri. Biasanya saya tidak memakai SHOW FACES dalam cara ini, supaya like button terlihat menyatu dengan Artikel. Gambar tampilanya akan ibarat dibawah ini :
3. Jika sudah selesai selanjutnya klik GET CODE. Pilih HTML5 pada isyarat plugin yang ditampilkan. Pada HTML5 terdapat dua isyarat yang berbeda isyarat #1 dan isyarat #2, nantinya dua isyarat ini akan dipasang kedalam template blog.


4. Pada tab lain, buka DASBOR BLOGGER - TEMPLATE - EDIT HTML - beri tanda Checklist pada EXPAND TEMPLATE WIDGET. (Sebelum memulai edit template mungkin lebih baik unduh dulu template lengkap, ini untuk mengantisipasi jikalau terjadi kesalahan ketika edit template supaya mampu dikembalikan ibarat semula).

5. Cari kode  <body> , gunakan CTRL+F untuk mempermudah pencarian. Lalu Copy kan isyarat # 1 TEPAT DIBAWAH isyarat <body>

6. Selanjutnya cari isyarat <data:post.body/>. Jika ada dua isyarat data:post.body, maka pilih isyarat yang kedua, jaraknya tidak jauh dengan isyarat yang pertama. (Kadang kadang setiap template memang berbeda data:post.body nya jikalau sudah diberi readmore). Selanjutnya Copy kan isyarat # 2 TEPAT DIATAS <data:post.body/>.

7. Gunakan PRATINJAU dulu untuk mengetahui adanya kesalahan atau tidak. Klik SIMPAN TEMPLATE untuk mengakhiri. Hasilnya akan ibarat pada gambar dibawah ini :


Membuat facebook like di bawah artikel

Membuat facebook like mampu juga diletakkan di final sebuah artikel atau posting. Cara penempatannya pun cukup mudah. Kita hanya cukup melaksanakan cara yang sama ibarat diatas. Bedanya hanya ada pada penempatan isyarat ke #2.

1. Seperti cara sebelumnya, tempatkan isyarat #1 TEPAT DIBAWAH kode  <body>

2. Sekarang perbedaannya ada disini, tempatkan isyarat #2 TEPAT DIBAWAH <data:post.body/>

3. SIMPAN TEMPLATE untuk mengakhiri. Selesai.

Membuat facebook like untuk artikel / bukan fanspage

Cara terakhir ini kita hanya menambahkan like button saja, tanpa menggunakan fanspage. Like button ini berfungsi untuk "ngelike" dan mengirimkan artikel saja kepada sobat facebook kita.
Langkah untuk memasangnya sebagai berikut :

1. Buka DASBOR BLOGGER - TEMPLATE - EDIT HTML - beri tanda Checklist  pada EXPAND TEMPLATE.

2. Cari kode  <data:post.body/> , jikalau ada 2 maka pilih data:post.body yang kedua.

3. Copy isyarat ini : 

<div id='fb-root'/><script src='http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1'/><fb:like font='' href='' layout='button_count' send='true' show_faces='false' width='450'/> 

dan letakkan TEPAT DI BAWAH isyarat <data:post.body/> maka facebook like akan berada di final artikel / posting.

Jika ingin meletakkannya di bawah judul posting, cukup letakkan isyarat tersebut TEPAT DIATAS  isyarat <data:post.body/>

4. SIMPAN TEMPLATE, dan akhirnya akan ibarat pada facebook like yang ada pada final artikel ini.

Demikianlah tips singkat perihal cara membuat facebook like di blog, cara ini sudah terbukti berhasil. Buktinya mampu dilihat pada semua artikel blog ini. Semoga bermanfaat.

UPDATE 


Pada bulan April 2013, pihak blogger telah merubah bentuk tampilan pada menu EDIT HTML pada DASHBOARD. Perubahan interface ini sedikit menyulitkan bagi blogger pemula yang gres memulai berguru edit kode-kode HTML untuk memperbaharui template blog. Perubahan yang terlihat yaitu tidak adanya tanda checklist pada EXPAND TEMPLATE WIDGET. Tentunya kode-kode ibarat   ]]></b:skin> dan <data:post.body/> akan sedikit sulit ditemukan.

Dalam panduan membuat facebook like di blog diatas kita harus memasukkan kode-kode script dari facebook kedalam template blog melalui menu EDIT HTML. Untuk mengetahui letak-letak isyarat ibarat ]]></b:skin> dan <data:post.body/> silahkan baca artikel EDIT HTML PADA TAMPILAN BLOGGER BARU. Artikel tersebut membahas letak letak isyarat pada tampilan gres blogger. Semoga membantu.

Post a Comment

 
Top