0
www.peralatanandroid.blogspot.com - Pertama, kita perlu sedikit membuatkan gosip teknologi display. Di pasar smartphone, secara umum dikuasai display ialah AMOLED atau LCD. Jika Anda hanya ingin wallpaper hitam, lewati ke bab bawah artikel.

Display tech explained: LCD

LCD abreviasi dari Liquid Crystal Display dan itu ialah jenis teknologi yang sama yang akan Anda temukan di televisi, monitor dan sebagainya. Seperti namanya, Liquid Crystal Displays sebetulnya ialah kristal, dan alasannya itu, mereka tidak memancarkan cahaya dari cahaya mereka sendiri melainkan mentransmisikan cahaya dari sumber cahaya di belakangnya.

Ini berarti bahwa meskipun Anda melihat warna hitam di layar ponsel cerdas atau tablet Anda, itu sebetulnya berwarna hitam dari belakang. Karena itu, LCD tidak benar-benar menampilkan 'true' hitam. Nexus 5 memiliki layar LCD, menyerupai halnya LG G3 dan Xperia Z3.

LCD juga cukup haus, alasannya setiap pixel perlu diterangi setiap kali layar sedang digunakan.


Display tech explained: AMOLED Dan OLED

AMOLED ialah abreviasi dari Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode dan juga digunakan untuk layar televisi namun lebih menonjol lagi, untuk smartphone. Tampilan OLED serupa, namun jangan gunakan Active Matrix.

Samsung menampilkan, misalnya, biasanya AMOLED: Galaxy S5, Galaxy Note 4, Galaxy S6 dan Galaxy Note 5 semua menggunakan layar AMOLED. LG G Flex 2 menggunakan layar OLED Plastik dan Google Nexus 6 menggunakan layar AMOLED.

Layarnya terbuat dari materi organik yang benar-benar menghasilkan cahaya dikala arus melewatinya - electroluminescence. Tampilan AMOLED lebih mudah pada baterai Anda alasannya setiap piksel tidak menyala. Mereka juga menyampaikan orang kulit hitam 'sejati' alasannya tidak ada lampu belakang.


Daya tahan baterai: AMOLED vs LCD

AMOLED

Anda mungkin mampu melihat kemana arahnya: jikalau Anda memiliki layar AMOLED maka Anda dapat menghemat masa pakai baterai dengan menggunakan wallpaper hitam, atau wallpaper dan tema yang umumnya lebih gelap.

Teman-teman kami di XDA Developers melaksanakan sedikit eksperimen dan mengetahui bahwa Anda dapat menghemat sekitar 6 persen baterai per jam dengan kecerahan 20 persen dengan menggunakan wallpaper hitam pada layar AMOLED, dan sekitar 8 persen per jam dengan kecerahan penuh.

Hasil ini didasarkan pada layar yang selalu ada, namun teori dasar itu terdengar meski figurnya tidak sempurna dilapisi batu. Penguji lain menggunakan metode yang berbeda menghasilkan penghematan 18 persen selama satu hari.


LCD

Bagaimana dengan wallpaper hemat baterai LCD, saya dengar Anda bertanya? Maaf, LCD mengandalkan lampu belakang, jadi tidak ada yang mampu Anda lakukan untuk menghemat baterai di sana.

Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan ialah menyetel perangkat Anda ke mode Battery Saver dan cobalah untuk tidak menyalakan layar setiap saat. Jaga biar kecerahan layar Anda serendah mungkin dan batas waktu layar Anda mengagumkan dan pendek.

Kabar baiknya ialah Anda dapat memiliki wallpaper dan tema berwarna jelas yang mampu dibayangkan dan tidak akan membuat perbedaan pada baterai Anda. Pikirkan saja dikala Anda melihat layar suram pemilik AMOLED yang menempel pada masa pakai baterai yang lama (jangan menyimpang terlalu jauh dari charger dikala Anda menertawakannya).


Post a Comment

 
Top