0
Bismillah, assalamu'alaikum...selamat siang sahabat semuanya, pada kesempatan siang hari ini 26 Desember 2016, untuk mengisi waktu luang aku akan share kepada anda semuanya tentang 'Cara atau Tehnik Melepas dan Memasang Kembali Mainboard Epson Agar Fuse (Sekring) tidak Putus'. Hal ini sengaja aku tulis alasannya ada beberapa sahabat yang mengeluhkan ihwal sering putusnya fuse (sekring) Mainboard Printer epson dikala di lepas dan dipasang kembali. Semoga artikel ini nantinya sedikit banyak mampu membantu dan minimal mampu mengurangi resiko tersebut.


Melepasa dan memasang kembali sebuah Mainboard Printer mungkin bagi seorang teknisi yaitu sebuah hal yang mudah. yang menjadi pertanyaan yaitu apakah mereka telah menggunakan teknik yang aman dan benar? apakah tekniknya tidak membahayakan sparepart lain? Disini aku akan aku bahas cara melepas dan memasang kembali mainboard printer biar fuse atau sekring Head tidak putus.

Saya telah melaksanakan survai dilapangan ternyata banyak teknisi yang melepas mainboard printer Epson khususnya, mereka tidak menggunakan teknik yang benar dan mengabaikan faktor keamanan sparepart lainya. Disini akan aku jelaskan urut-urutan cara melepas dan memasang kembali mainboard biar fuse tidak putus.


Berikut ini yaitu urut-urutannya dan hal ini sudah terbukti ampuh menjaga Fuse Head Printer Epson tidak putus dan hal ini juga sudah menjadi SOP untuk para teknisi printer :


Teknik Melepas Mainboard Printer :
  1. Lepas kabel Power printer dan Usb printer.
  2. Bongkar Casing printer secara hati-hati.
  3. Lepas kabel socket yang terhubung dengan power suply printer, biar mainboard benar-benar steril dari anutan listrik.
  4. Lepas kabel panel, sensor-sensor, dan motor penggerak.
  5. Langkah yang terakhir gres anda lepas kabel Printer Head yang terhubung pada mainboard printer anda.
Teknik Memasang Mainboard Printer :
  1. Pasangkan Mainboard pada tempatnya dan pastikan semua baut terpasang dengan baik.
  2. Jangan hubungkan dulu kabel kabel power AC ke power suply.
  3. Pasang kabel socket dari power supply yang terhubung pada mainboard, alasannya sparepart lain belum terhubung dengan mainboard maka hal ini tidak menyebabkan potensi kerusakan.
  4. Pasangkan kabel-kabel, sensor-sensor, dan motor penggerak.
  5. Terakhir pasangkan Kabel Print Head yang terhubung pada mainboard printer, bila Kabel print head dipasangkan terlebih dahulu sebelum kabel power supply biasanya akan menyebabkan percikan bunga api alasannya ada sisa-sisa tegangan pada power supply, bila hal ini terjadi 90%  kemungkinan fuse akan putus dan tentunya akan menambah duduk perkara baru.
(Baca juga : Cara Mengatasi Printer Epson T1100, 1390, L1300, dan L1800 Lambat Dalam Mencetak)

Demikianlah penjelasan ihwal 'Cara atau Tehnik Melepas dan Memasang Kembali Mainboard Epson Agar Fuse tidak Putus'. Semoga mampu bermanfaat bagi aku sebagai pengingat dan anda semua sahabat dalam melaksanakan pelepasan dan pemasangan kembali mainboard printer epson. Sekian dari aku dan terima kasih atas kunjungan anda.....sampai jumpa lagi di Tips and Trik berikutnya...ikuti terus perkembanganya ya... ☺

Post a Comment

 
Top